Assalamualaikum WW....Selamat Datang di Blog Bazma UP Dumai Riau....Khusyu' dalam shalat akan tampak dalam keseharian. Khusyu' artinya paham dan penuh perhatian kepada apa yang dilakukan, sungguh-sungguh tenang dan penuh fokus (Albaqarah 238) - ALLAH menyempitkan dan melapangkan rizki, kunci rizki hanya ALLAH, Tugas kita adalah luruskan niat maksimalkan ikhtiar dan sempurnakan tawakkal.(Albaqarah 245) - Yakinlah ALLAH Maha Tahu segala lintasan dan isi hati kita, maka malulah bila terlintas hal yang buruk atau berniat hal yang dilarang ALLAH (Albaqarah 235) - Kewajiban seorang suami / Ayah menafkahi keluarganya adalah ibadah yang tak ternilai enjadi sedekah dan lelahnya menjadi penghapus dosa, kuncinya adalah ikhlas (Albaqarah 223) - Sesungguhnya memaafkan itu lebih dekat kepada TAQWA, Dimaafkan itu nikmat, Tapi memaafkan jauh lebih nikmat, apalagi memaafkan sebelum diminta (Albaqarah 237) - Anjuran menyusui selama 2 tahun adalah ilmu ALLAH yang pasti terbaik untuk semua pihak, lahir maupun bathin, dan kesempurnaanya ada pada keikhlasan (Albaqarah 233) ....

Senin, 13 Agustus 2007

Zakat Profesi

Pertanyaan:
Pak Ustadz, tiap bulan saya mengeluarkan zakat profesi 2,5 persen dari tiap pendapatan. Dari sisa pendapatan tersebut, saya tabung di bank. Apakah saya masih wajib membayar zakat maal dari tabungan tersebut? Bagaimana cara menghitungnya?

Jawab:
Anda tidak wajib membayar zakat lagi dari penghasilan profesi, setelah tahun pertama. Jika harta simpanan dari penghasilan profesi itu mencapai nishab pada tahun kedua dan telah berjalan satu tahun, Anda baru wajib kembali mengeluarkan zakat setiap tahun. Demikian seterusnya. Sedangkan dari harta benda yang lain selain harta yang berasal dari penghasilan profesi, Anda tetap wajib mengeluarkan zakatnya setelah berjalan setahun untuk tiap-tiap tahun. Prinsipnya zakat mal wajib setiap tahun bila mencapai nishab sebanyak 2,5 persen.
Wallahu a'lam.
Kontributor : Try
Sumber : Konsultasi Syariah Online

0 komentar:

 
 
 
   
    Locations of visitors to this page
 
 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto